Tips Membuat Halaman Utama Pada Blog dan 5 Tips Membuat Halaman Blog Yang Menarik Bagi Visitor

Bookmark and Share


1. Wawasan Dasar
Halaman utama adalah tampilan muka dari sebuah blog. Layaknya surat kabar, ia akan di beli oleh orang apabila mereka tertarik dengan isi halamn utama. Halaman utama adalah cerminan dari sekalian ini blog.

2. Latar Belakang Masalah
  • Semua orang tahu, bahwa halaman utama pastilah di depan (duluan terlihat)
  • Fasilitas khusus halaman utama tidak tersedia di domain ini.
  • Jika kita melakukan posting, maka post yang terakhir akan muncul paling atas.
  • Setiap post memiliki permalink (permanen link) sebagai rujukan search engine seperti Google.

    3. Batasan Masalah
    Tips ini ditujukan untuk Anda yang membuat blog di Blogger.com

    4. Yang Ada di Halaman Utama
  • Gambar Utama, ini berfungsi sebagai pemberi kesejukan dan kenikmatan pada mata yang melihat. Halaman utama jangan terlalu banyak diberi gambar yang besar, karena akan memperlambat blog Anda di buka.
  • Judul dari Semua Post, ini sangat berguna bagi para pengunjung. Mereka dapat mengetahui sekalian isi blog Anda hanya dengan melihat halaman utama. Selain itu, akan memudahkan pengunjung dalam mencari apa yang mereka inginkan.
  • Nasehat, ini adalah isi dari hati Anda untuk orang lain di dunia ini.

    5. Tekhnik Pembuatan Halaman Utama
  • Atur blog Anda agar hanya menampilkan satu post saja. Hal ini berfungsi agar saat blog dibuka, maka hanya ada satu post yang tampil di halaman muka.
  • Buatlah sebuah post. Post ini misalnya diberi judul : "Halaman Utama". Kemudian isilah post ini layaknya isi halaman utama. Setelah itu, copy-lah code HTML dari post ini dan simpan di komputer. Kemudian Publish. Post ini saya beri nama (Post Utama).
  • Buatlah sebuah post lagi. Post ini misalnya diberi judul : "Halaman Utama SalimKita". Kemudian masukkan code HTML Post Utama yang telah Anda simpan tadi ke dalam HTML Editor post ini. Kemudian Publish. Post ini saya beri nama (Post Penutup)
  • Sekarang, blog Anda telah memiliki halaman utama. Silahkan buka blog Anda untuk melihatnya.

    6. Menjadikan "Halaman Utama" Selalu Tampil di Depan
  • Di saat Anda ingin melakukan posting pada kali yang akan datang, hapuslah (delete) terlebih dahulu "Post Penutup". Kemudian lakukan posting. Serta Publish.
  • Setelah selesai seluruh kegiatan memposting, updatelah (perbaharui) isi "Post Utama" dengan menambahkan judul-judul post yang baru kedalam "Post Utama". Sebelum Anda mempublish kembali "Post Utama", copy-lah code HTML-nya dan simpan ke komputer.
  • Kemudian lakukan posting sekali lagi sebagai penutup dari semua kegiatan memposting. Isilah kedalam HTML Editor post ini dengan code HTML "Post Utama" yang telah Anda simpan di komputer. Kemudian Publish. Post ini saya beri nama sebagai "Post Penutup"
  • Lakukan langkah nomor 7 ini setiap kali Anda melakukan posting. Sehingga Anda mendapatkan Halaman Utama saelalu di depan.

    7. Hikmah
  • "Post Penutup" selalu di-delete saat melakukan posting. Setelah selesai kegiatan memposting, "Post Penutup" selalu dibuat lagi. Ini bertujuan agar "Post Penutup" selalu tampil di depan sebagai Halaman Utama dari blog Anda.
  • "Post Utama" berfungsi sebagai backup (cadangan) dari Halaman Utama. "Post Utama" ini tidak akan pernah dihapus, sehingga permalink-nya selalu terdeteksi oleh search engine seperti Google.
  • "Post Penutup" belum tentu terdeteksi oleh search engine, karena permalink-nya (alamatnya) selalu di-delete. Oleh karena itu, pengganti "Post Penutup" yang tidak terdeteksi tsb adalah "Post Utama". Kan isinya sama.
  • Search engine memerlukan beberapa hari untuk mendeteksi posting yang baru dipublish.

    8. Menerima
    Saya menyadari tips ini tidak begitu efisien. Saya menerima kritik dan saran dari rekan-rekan semua tentang hal ini. Dan juga saya mohon maaf jika kalimat yang saya tulis ini tidak mudah dimengerti. Semoga bermanfaat


  • karena banyak yang bertanya tentang postingan ini maka akan saya jawab namun bila kurang memuaskan mohon maaf
    1. Sebelum menambah postingan buatlah 2 new post, 1 untuk yang akan diposting 1 lagi untuk halaman utama
    2. isikan postingan pada new post lalu post yang halaman utama dicopy kenew post 1 lagi,namun perlu diingat publish post yang pertama dulu yang postingannya isi yang tadi dipostingan,baru selanjutnya halaman utama yang dicopy tadi dipublish.
    3. halaman utama yang udah kosong karena udah dicopy kepost yang kedua bisa disi dengan postinga lainnya
    4. biar tidak menumpuk dihalaman utama maka dibuka disetting deket dengan layout-->formating-->show cuma 1 posting
    5. kalau mau ngeliat postingan yang udah diedit mank dipratinjau namun bila mau liat diblog publishkan dulu,baru diliat diblog anda
    6. jangan mengedit html bila tidak mengerti bahasa html bisa fatal hilang postingan,edit ajah lewat compose
    7. kode html bisa dimasukkan ada 2 menurut saya bisa lewat layout(tata letak)-->html/java script dan bisa juga dicoy kode tersebut.caranya buka layout edit html -->kode html tersebut dicopy namun dicopy dibawah head.
    8. mohon maaf bahasanya kurang dimengerti toloong dipahami
    9. makasih

    INI Untuk Wordpress

    Bagaimana Membuat Halaman Utama Blog yang Statis

    Salah satu manfaat dari Blog adalah sebagai tempat mempromosikan barang atau jasa. Untuk mempromosikan barang atau jasa adalah baiknya jika halaman promosi tidak berubah-ubah. Khususnya website yang berbentuk blog biasanya akan berubah/berganti jika ada artikel baru yang ditambahkan. Hal ini akan menjadi masalah karena halaman promosi akan tergantikan dengan artikel (postingan) baru yang berikutnya. Dengan demikian maka halaman promosi tidak terlihat pertama kali saat pengunjung membuka blog tersebut.


    Namun, bagi yang memakai blog wordpress, masalah ini sangat mudah diatasi. Caranya:


    1. Log in ke Blog Wordpress



    2. Pilih Menu “Setting” disebelah kanan atas (dilingkar garis merah).



    Pilih "Setting"

    Pilih "Setting"


    3. Pilih “Reading” seperti pada gambar dibawah ini:


    Menu "Reading"

    Menu "Reading"


    4. Pertama, pilih A static page (no.1 pada gambar dibawah), kedua, klik pada mata panah yang mengarah ke bawah (no.2 pada gambar dibawah) untuk memilih halaman atau no.3 untuk memilih postingan.



    5. Klik tombol “Save Changes” yang biasanya ada di bagian paling bawah, selesai.





    Tips Mempercantik Halaman Blog
    Tips Mempercantik Halaman Blog

    Tampilan halaman awal (index) dari blog seringkali adalah kontak pertama antara visitor dengan blog. Halaman pertama dari blog yang baik dan cantik membantu membuat visitor menjadi kerasan dan kita sebagai owner blog berharapan baik bila visitor kita menjadi pelanggan tetap, terutama bagi visitor yang baru pertama kali berkunjung.

    Agar dapat meraih hal itu, satu pertanyaan kunci disini, “Apakah kamu tahu apa yang visitor inginkan (atau yang tidak diinginkan) saat mereka melihat halaman pertama dari blog kamu?” Pegang pertanyaan tersebut dan mulai kita jawab step-by-step.

    1. Pemilihan themes yang tepat.

    Themes yang baik akan membuat visitor merasa nyaman untuk berlama-lama berada di blog mu. Untuk menumbuhkan perasaan nyaman itu, kamu bisa ciptakan dengan menggunakan themes yang sesuai dengan tema blog mu. Saat ini, banyak themes gratis yang dapat kamu download dan kamu pakai di blog mu. Atau bahkan bisa kamu bisa buat sendiri sesuai selera. Selain itu, pemilihan themes yang tepat dapat menumbuhkan rasa kepercayaan dari visitor. Karena visitor tidak dapat melihat kamu, mereka mungkin tidak akan pernah bertemu kamu langsung secara pribadi, atau bahkan berbicara dengan kamu melalui telepon. Jadi themes yang sesuai dapat mewakili identitas mu.

    2. Tagline yang singkat dan jelas.

    Beberapa blog menggunakan banyak ruang yang di halaman pertama blog mereka dengan “ucapan selamat datang” dengan text betjalan atau yang dibuat dengan pop-up, bahkan ada pula yang menggunakan popup berkali-kali. Atau “pernyataan tentang visi & misi” yang demikian panjang, sehingga membuat para pengunjung mengantuk bahkan sebelum halaman selesai loading. Namun pernyataan tentang visi & misi bertujuan untuk menjelaskan maksud tujuan blog kamu, serta rangkuman content blog mu secara keseluruhan. Dan hal ini dapat disiasati dengan mengubah visi & misi menjadi sebuah pernyataan singkat (tagline) yang mengandung beberapa keyword penting. Yaitu buatlah satu baris kalimat singkat dan letakkan di tempat yang mudah terlihat pada halaman pertama blog kamu. Misalnya pada “Header”. Contoh, di blog dhenk[dot]com ini, aku memilih menggunakan kalimat “web master = web design + web programing”. Aku bertujuan merangkum isi blog secara keseluruhan dengan menggunakan kalimat tersebut, yaitu menjelaskan bahwa blog dhenk[dot]com berisi tentang tulisan cara mendisain blog dan cara menggunakan script pada blog. So, apa yang muncul dibenak mu saat pertama kali kamu baca kalimat itu…? Apa sama dengan yang aku maksudkan…?

    3. Meletakan menu navigasi page / category.

    Menu navigasi yang mudah dilihat sangat penting karena visitors benci jika harus tersesat di situs. Visitors yang frustrasi akan pergi dan tidak akan pernah kembali lagi. Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk memastikan bahwa hal ini tidak terjadi pada blog kamu :

    Navigasi yang Mudah Diakses
    Menu navigasi dengan hanya menggunakan text standard lebih baik bila dibanding dengan navigasi menggunakan flash atau images, bahkan text yang menggunakan javascript sekalipun dapat menjadi kendala ketika visitor mengakses blog kita dari gadget seperti PDA, Handphone atau browser-browser non-grafik. Untuk itu, jika memang tidak diperlukan hindari penggunaan flash atau images untuk menu navigasi karena tidak semua visitor mengakses blog kita melaui PC.

    Fungsi Pencarian
    Visitor akan merasa senang jika mereka dapat menemukan apa yang mereka cari di blog kita dengan cepat. Untuk itu, gunakan fasilitas pencarian pada blog guna memudahkan visitor mencari apa yang mereka inginkan.

    Sitemap
    Sitemap berguna untuk memudahkan visitor melihat struktur blog kita secara keseluruhan dengan jelas. Dan dapat membantu visitor untuk menjelajah blog kamu lebih dalam lagi. Selain itu, spider-spider mesin pencari seperti google bot menyukai sitemap karena membantu mereka untuk mengindeks seluruh blog.

    4. Singkat dan Sederhana

    Visitor menginginkan blog yang dikunjunginya dapat segera memberikan informasi yang mereka harapkan. Untuk itu, halaman awal blog tidak perlu dijejali dengan banyaknya artikel, namun cukup penggalan artikel atau bahkan judul-judul artikel saja. Karena selain menghemat tempat, hal ini juga mempercepat proses loading blog kamu.

    5. Customization and review

    penggunaan images
    perhatikan penggunaan images

    Buat tampilan blog mu berbeda dan mempunyai ciri khas dari blog-blog lain yang pernah ada. Tapi pastikan halaman pertama blog kamu harus tampil sewaktu para visitor me-loadingnya. Kamu boleh menggunakan Animasi Flash yang paling keren, namun jangan berharap para visitor akan mendownload plug-in-nya hanya karena untuk melihat animasinya. Sebagian besar dari visitor hanya ingin melihat halaman situs web cepat sewaktu loading, tampak menarik, dan berisi informasi yang berguna. Hal tersebut tidaklah berat jika kamu memenuhi tiga syarat berikut ini:

    Pilih warna yang tepat:
    Kombinasi warna yang tepat membuat kontras dan menegaskan poin-poin penting. Hindari penggunaan warna yang mencolok. Warna-warna link standar membuat navigasi menjadi lebih mudah.

    Gunakan gambar-gambar dengan bijaksana:
    Pastikan apakah gambar yang ada benar-benar meningkatkan tujuan dari situs kamu. Kebanyakan para visitor ingin membaca informasi , bukan melihat gambar-gambar indah yang hanya menambah waktu download yang tidak diperlukan saja. Jika kamu terpaksa menggunakan gambar, perhatkan size dari gambar tersebut. Karena gambar yang besar hanya akan menghabiskan space host dan menambah lama waktu loading.

    Perbaiki kesalahan-kesalahan:
    Hati-hati dalam penggunaan kode. Kesalahan pemberian kode HTML yang sederhana pun dapat merusak halaman kamu. Validasi kode HTML kamu melalui http://validator.w3.org Ini akan memberitahu kamu jika terdapat masalah-masalah yang terjadi pada kode. Selain itu, Validasi kode CSS kamu melalui http://jigsaw.w3.org.

    Yup, kamu pasti ingin mengundang para pengunjung datang ke blog kamu, tapi yang lebih penting, kamu ingin mereka tetap berada di situ dan menjadi pelanggan kamu kan…?